Bahagiakan Hidup Mu Dengan Cara Ini

Hasil gambar untuk bahagia

Kebahagiaan hidup akan selalu menjadi tujuan semua orang. Hal ini adalah fitrah dari kehidupan manusia, senada dengan hal itu, Aristoteles juga pernah mengatakan hal yang sama sekitar 2.000 Tahun yang lalu dan perkataannya itu masih relevan sampai sekarang. Dia mengatakan “Kebahagiaan adalah makna dan tujuan hidup, keseluruhan tujuan dan akhir eksistensi manusia ”

Dari sini kita dapat memahami bahwa memang keinginan hidup yang bahagia akan selalu ada pada semua manusia. Namun terkadang banyak orang mengartikan kebahagiaan itu secara tidak tepat. Memiliki banyak uang dan mobil mewah bukanlah faktor utama menjadikan hidup kita lebih bahagia. Pada kenyataannya, banyak orang diluar sana yang hidup secara sederhana namun tetap merasa bahagia dan menikmati kehidupannya. Hal ini akan sedikit memberi pemahaman kepada kita bahwa memang untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup, kita sendiri yang menciptakannya, bukan orang lain dan atau siapapun. Lalu bagaimana cara agar hidup kita lebih bahagia? Silahkan sobat simak ulasan tentang cara sederhana agar hidup lebih bahagia dibawah ini.

CARA HIDUP BAHAGIA

1. Kenali dan cintai diri kita sendiri

Tentu saja mengenali diri sendiri adalah faktor awal untuk menemukan cara hidup bahagia. Tanyakan pada diri kita sendiri bagaimana cara agar hidup bahagia, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar kita menemukan kebahagiaan. Setelah itu. Cintailah diri kita dengan melakukan hal-hal positif

2. Lakukan Apa yang kita Cintai

Setiap orang pasti memiliki hobi dan suatu kegiatan yang ia cintai. Namun pasti setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Jika gairah Sobat bermain sepak bola, menulis puisi, atau mendaki gunung, maka laungkanlah waktu untuk melakukannya. Sobat pasti akan menemukan bahwa ketika kita melakukan apa yang kita cintai, kita akan selalu dipenuhi dengan sukacita dan kebahagiaan yang tidak dapat digambarkan oleh orang lain.

Coba kita fikirkan kembali, lebih baik mana antara melakukan hal yang kita cintai atau memaksakan diri melakukan hal yang tidak kita cintai? Oleh sebab itu, sesibuk apapun kita, luangkanlah waktu untuk melakukan hal yang kita sukai itu secara rutin. Ini menjadi salah satu cara hidup bahagia yang telah banyak orang lakukan.

3. Mensyukuri apa yang telah kita miliki

Bersyukur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan kebahagiaan yang sejati. Karena dengan bersyukur, kita akan lebih menikmati hidup dengan apa yang telah kita miliki. Banyak sekali kenikmatan yang telah Tuhan berikan kepada kita, mulai dari Nikmat sehat, Nikmat memilki akal dan tentunya masih banyak lagi. Coba kita bayangkan, diluar sana masih banyak orang yang tidak mendapatkan kehidupan yang layak seperti halnya kita, masih banyak orang yang kelaparan setiap harinya, masih banyak orang yang rizki nya tidak lebih baik dari kita. Oleh sebab itu, tetaplah mensyukuri apa yang telah kita dapatkan, Tuhan akan lebih menyukai orang-orang yang bersyukur.

Cara Bersyukur dalam hidup
a. Bersyukur dengan ucapan (Mengucapkan Al Hamdulillah)
b. Bersukur dengan hati (Meyakini dengan setulus hati bahwa setiap rizki yang kita peroleh adalah pemberian dari Tuhan yang Maha Kuasa)
c. Bersyukur dengan perbuatan (Memperbaiki perbuatan kita agar lebih baik dari sebelumnya)

4. Berbagi dengan Orang Lain

Cara hirup bahagia yang ke empat adalah Berbagi dengan orang lain. Pernahkah kita berfikir, kenapa diluar sana banyak Sukarelawan yang membantu sesama dengan tanpa pamrih dan tanpa bayaran sedikitpun? Jawabannya adalah karena mereka telah menemukan ketentraman yang luar biasa disaat mereka berbagi dengan orang lain, Mulailah dengan hal kecil, Membantu sesama, Ikut kerja bakti, Berbagi rizki dengan orang yang membutuhkan, berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim, dan tentunya masih banyak lagi yang kita bisa kerjakan. Yakinlah, ketika kita melakukan perbuatan yang kita anggap baik, maka kebaikan pula yang akan kita terima. Seperti halnya pribahasa mengatakan. “Siapa yang menanam, maka Dia pula yang menuai”. Oleh sebab itu, berbagilah dengan orang lain dengan sekecil apapun dari apa yang kita bisa lakukan. Dan ingatlah. Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi Sesama. Inilah cara hidup bahagia yang sesungguhnya.

5. Selalu tersenyum

Banyak sekali fakta ilmiah tentang tersenyum yang bisa sobat ketahui, diantaranya ialah memberikan ketentraman bagi kita, membuat umur lebih panjang, dan satu hal yang perlu sobat ketahui, senyum itu adalah hal yang menular, kenapa? Karena ketika kita tersenyum, maka akan banyak pula oang yang bersukacita. Selain hal itu, tersenyum juga ternyata sangat baik untuk hubungan sosial antar sesama. Oleh sebab itu tetaplah tersenyum walau sobat memaksakannya, itu tetap akan membuat sobat lebih bahagia. Tapi jangan keseringan juga ya gan. Nanti bisa bisa dianggap (GI..A).

6. Berolahraga

Cara lain agar hidup bahagia adalah rutin Berolahraga. Coba tanyakan pada diri kita, Kapan terakhir kali kita pergi ke gym atau berolahraga? Banyak sekali manfaat berolahraga yang dapat kita pelajari. Bukan hanya menyehatkan saja, Namun juga olahraga akan mengurangi setres dari beban fikiran. Berolahraga adalah cara hidup bahagia yang sangat dianjurkan dan menjadi hal yang sangat menyenangkan yang bisa kita lakukan. Mulailah dengan melakukan olahraga yang sobat sukai. Seperti lari atau bermain sepakbola dengan sahabat, Atau pergi ke Gym agar bisa mendapatkan petunjuk yang lebih baik untuk berolahraga secara baik dan benar.

7. Jadilah Diri Sendiri

Cara hidup bahagia yang selanjutnya adalah Menjadi diri sendiri. seperti yang dikatakan Steve Jobs, “Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan untuk menjalani hidup kita sebagai orang lain.” Terimalah siapa Anda, jadilah diri Anda sendiri, dan Anda akan merasakan dunia yang berbeda.

8. Meluangkan Waktu Dengan Orang yang kita cintai

Tidak ada yang lebih baik dari seluruh cara hidup bahagia selain menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang kita cintai. Kita adalah makhluk sosial, bahkan jika Anda seorang introvert atau penyendiri. Semua Orang pasti menyukai untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga mereka untuk hanya sekedar berbincang, bercanda, dan tertawa bersama-sama. Hidup itu terlalu singkat jika kita tidak menikmatinya. Maka luangkanlah waktu bersama orang yang kita cintai agar hidup kita lebih bahagia.

9. Refreshing di Alam terbuka

Menghabiskan waktu di alam bisa sangat menyegarkan dan selalu menyegarkan, terutama saat Sobat tinggal di daerah perkotaan yang jarang menemukan udara segar. Berjalan-jalan di hutan atau taman lokal memungkinkan sobat untuk menghargai keindahan alam dan menikmati hidup. Ini menjadi salah satu cara hidup bahagia.

10. Hindari Negative Thinking

Sobat pasti sudah tahu bahwa pemikiran negatif akan membawa sobat ke arah yang buruk. Jadi bagaimana cara menghentikannya? Jadilah lebih sadar akan hal itu dan cobalah mengganti pikiran negatif Anda dengan yang positif. Luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang positif. Karena dengan berfikir positif akan jauh membuat hidup kita lebih bahagia.

11. Memaafkan dan Lupakan

Cara agar hidup bahagia selanjutnya adalah memafkan dan melupakan masa lalu untuk menuju hidup yang lebih baik. Memegang dendam akan merugikan sobat lebih dari orang yang sobat dendami. Kesalahan di masa lalu tidak akan bisa di rubah lagi, tinggal bagaimana caranya kita menyikapi hal itu dengan lebih dewasa dan lebih positif, cobalah untuk memafkan diri sobat sendiri dan melupakan hal hal yang tidak perlu. Masa depan lebih penting bagi diri kita dan keluarga kita daripada hanya sekedar menyesali perbuatan yang sudah terjadi. Bangkitlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

12. Makan Makanan Sehat

Makan dengan makanan yang sehat akan membuat hidup sobat lebih segar dan lebih sehat. Kita akan merasa lebih baik baik secara fisik maupun mental.

13. Konsultasi

Hal ini bisa sobat lakukan apabila sobat merasa masih belum menemukan cara hidup bahagia yang sesungguhnya. Seorang konsultan akan membantu sobat untuk mengevaluasi hidup kita. Dengan berbicara kepada seorang pelatih hidup, sobat dapat menemukan mengapa Anda benar-benar tidak merasa bahagia dan apa yang dapat sobat lakukan untuk merasa lebih baik.

14. Temukan Cara Mengelola Stres

Jangan biarkan stres merampas hak lahiriah kita untuk menjadi bahagia. kita layak untuk bahagia, dan tidak akan membiarkan tekanan menghalangi. Praktik seperti meditasi dapat membantu sobat mengelola stres dengan lebih baik dan merasa hebat. Ini menjadi salah satu cara hidup bahagia yang mesti dilakukan jika sobat masih merasa belum mampu dengan baik mengelola stress

15. Menjaga Sikap Optimis

Orang yang bahagia cenderung merespons kejadian negatif dengan cara yang lebih optimis daripada orang yang tidak bahagia. Psikolog positif Dr. Martin Seligman mendefinisikan optimisme sebagai “bereaksi terhadap masalah dengan keyakinan dan kemampuan pribadi yang tinggi,” secara khusus, menyadari bahwa kejadian negatif bersifat sementara dan terbatas. Penelitian telah menghubungkan optimisme dengan sejumlah besar hasil positif termasuk umur panjang, pemulihan dari penyakit, kesehatan fisik secara keseluruhan, peningkatan keterampilan, mengatasi dan pemecahan masalah dalam situasi sulit. Secara keseluruhan, optimisme merupakan komponen sentral untuk tetap bahagia dan sehat, jadi bila ragu, cermati sisi baiknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Negara Laos

Manfaat Air Jahe Untuk Kebaikan Tubuh

10 Gunung Tertinggi Di Dunia