FAKTA MENARIK TENTANG ZIMBABWE

semestafakta-zimbabwe flag


1. Nama Zimbabwe berasal dari bangunan batu Zimbabwe Besar (Great Zimbabwe) atau Dzimbahwe yang masuk dalam daftar the World Heritage pada tahun 1986. Bangunan Zimbabwe Besar dibangun oleh orang Shona (Bantu) antara abad ke-11 dan 15. Pahatan delapan burung ditemukan selama penggalian reruntuhan Zimbabwe Besar.
2. 98% penduduk Zimbabwe terdiri dari kelompok etnis berkulit hitam, yang mayoritas terdiri dari kelompok etnis Shona (85%). Di sini juga ditemukan etnis Portugis, Belanda, dan komunitas Yunani.


3. Pahatan berbentuk burung batu di Zimbabwe menjadi emblem nasional Zimbabwe. Pahatan burung batu terkenal yang berdiri di dinding dan monolit kota kuno Great Zimbabwe Five dibawa ke Afrika Selatan oleh Cecil Rhodes. Empat patung lainnya dikembalikan ke Zimbabwe oleh Afrika Selatan, sedangkan lima sisanya masih di Groote Shuur, yaitu bekas rumahnya Rhodes di Cape Town.


4. Zimbabwe resminya dikenal dengan Rodhesia Selatan, Rodhesia, adan Zimbabwe Rhodesia. Nama Zimbabwe berasal dari nama “Dzimba dza Mabwe”, yang artinya “Rumah Batu Besar” dalam bahasa Shona.
semestafakta-zimbabwe ma
5. Zimbabwe diyakini sebagai lokasi Ophir, yaitu negara kaya raya kuno dengan rajanya Raja Sulaeman, dengan hasil kekayaannya berasal dari gading, emas dan barang berharga lainnya.


6. Zimbawe terletak di Afrika Selatan, yatu antara sungai Zambezi dan sungai Limpopo.


7. Pada tahun 1498 Vasco da Gama menjadi orang Eropa pertama yang melihat Sungai Zambezi. Dia menyebutnya sebagai “Sungai Pertanda Yang Baik” (Rio dos Bons Sinais).


8. Banjir tahunan sungai Zambezi menimbulkan salah satu upacara terkenal di Zimbabwe dengan nama Kuomboka. Kuomboka diartikan sebagai “memindahkan air”
semestafakta-Kuomboka

9. Berakit di sungai Zambezi adalah hal yang menarik, di bawah ketinggian 350 kaki dan 5.600 kaki lebarnya air terjun Victoria, melintasi beberapa jurang sempit dan arus deras. Waktu yang tepat untuk berarung jeram di sungai Zambezi adalah bulan Agustus dan Desember.


10. Ibu kota Zimbabwe adalah Harare, yang dibangun pada tahun 1890 sebagai penghormatan terhadap perdana menteri Inggris Raja Salisbury.
semestafakta-Lord Salisbury

 11. Bahasa resmi Zimbabwe adalah bahasa Inggris, Shona, dan Ndbele.

12. Semboyan Zimbabwe adalah “Persatuan, Kebebasan/Kemerdekaan, Kerja”.

13. Zimbabwe mempunyai kekayaan mineral yang menarik Cecil Rhodes, yaitu pendiri perusahaan perdagangan yang memimpin penjajahan Inggris ke Zimbabwe dan pertama kalinya Zimbabwe mendapatkan namanya. Cecil Rhodes dimakamkan di Bukit Malindidzimu, yaitu bukit batu granit di Taman Nasional Matopo.
semestafakta-Cecil Rhodessemestafakta-Matopo National Park2

14. Puncak tertinggi di Zimbabwe adalah Gunung Inyangani (2.592 m).

15. Sejumlah tempat persembunyian (shelter) alam peninggalan zaman kuno dapat ditemukan di dataran tinggi Matobo. Area tersebut juga terdapat banyak seni batu yang membawa kepada kehidupan Zaman Batu.

 16. Selama abad ke-14 dan 15 Zimbabwe Besar mengontrol mengontrol perdagangan gading dan emas di wilayah tersebut.

17. Bangunan batu ditemukan di wilayah lain Zimbabwe, seperti di Khami dan Nalatale.

18. Artefak dari Eropa dan Cina ditemukan di Khami. Seperti Zimbabwe Besar, Khami menjadi situs World Heritage pada tahun 1986.

19. Kerajaan kuno Mapungubwe meliputi batas-batas Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Botswana. Mapungubwe, yang masuk dalam daftar World Heritage pada tahun 2003, adalah kerajaan terbesar di sub benua Afrika yang sebelumnya ditinggalkan pada abad ke-14.
semestafakta-mapungubwe

20. Pedagang Portugis mengunjungi Zimbabwe pada abad ke-16 dan menjadi bangsa Eropa pertama yang mengadakan hubungan dengan wilayah tersebut.

21. Pada November 1855, peneliti dan seorang misionaris Skotlandia, Dr. David Livingstone, untuk pertama kalinya menemukan air terjun Victoria. Livingstone kemudian menamainya dengan nama ratu Inggris, Victoria. Nama lokal air terjun ini adalah Mosi-oa-Tunya (asap bergemuruh). Air terjun Victoria menjadi situs World Heritage pada tahun 1986.

22. Ratu Inggris, Ratu Elizabeth, pernah mengunjungi air terjun Victoria pada tahun 1947 dan dia menginap di Hotel Air Terjun Victoria yang terkenal.

23. Karena cipratan dari air terjun, maka hutan hujan di Air terjun Victoria adaah satu-satunya tempat di bumi yang hujan terus dalam waktu 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

24. Tahukah kamu bahwa orang-orang bisa mandi di bibir air terjun Victoria? Betul, yaitu ketika aliran sungai dalam level aman, yaitu selama bulan September sampai Desember. Kamu bisa berenang layaknya di kolam renang yang terkenal sebagai Kolam Renang Iblis (Devil’s Swimming Pool) tepat di bibir air terjun. Kolam renang ini bisa dimasuki dari Pulau Livingstone, yang diambil dari nama penemu air terjun Victoria, David Livingstone.

25. Taman Nasional Mana di tepian sungai Zambesi adalah habitat bagi sejumlah binatang buas, termasuk buaya Nil.
semestafakta-Mana Pools National Park

26. Pada akhir tahun 1950-an, sungai Zambezia dibuat dam di Kariba untuk dijadikan pembangkit listrik tenaga air untuk Zimbabwe dan Zambia.Danau Kariba di Sungai Zambezia adalah salah satu danau buatan terbesar di dunia.
semestafakta-kariba dam


27. Museum Tambang Emas di KweKwe, di Pusat Zimbabwe, memberikan informasi tentang industri tamang emas Zimbabwe.
semestafakta-Gold Mining Museum, in KweKwe


28. Antara tahun 1953 dan 1963, Rhodesia Selatan, Rhodesia Utara (Zambesia) dan Nyasaland (Malawi) menjadi anggota Federasi Afrika Tengah.


29. Organisasi nasionalis Afrika yang berkampanye untuk demokrasi dilarang di Rhodesia (ANC dilarang tahun 1959, ZAPU dilarang tahun 1962, dan ZANU tahun 1964).

30. Zimbabwe merdeka pada 18 April 1980. Setelah merdeka, Zimbabwe terikat dengan Inggris melalui persemakmuran. Zimbabwe menarik diri dari Persemakmuran pada tahun 2003.

31. Zimbabwe memiliki tigkat infekti HIV/AIDS yang tinggi.

32. Zimbabwe sekarang sedang mengalami krisis ekonomi, yang disebabkan manajemen yang amburadul ditambah dengan kejahatn politik dan pengaruh program reformasi tanah Mugabe.

33. Zimbabwe mengakui dua jenis perkawinan, yaitu pernikahan adat yang sifatnya poligami dan pernikahan sipil yang sifatnya monogami.

34. Orang berperut besar di Zimbabwe adalah menandakan kalau orang tersebut kaya, karena dia berarti mampu makan daging setiap harinya.

35. Pengobatan tradisional masih luas digunakan di Zimbabwe, yang dinamakan dengan N’anga, dan mempunyai perkumpulan yang bernama Asosiasi Dokter Tradisional Nasional Zimbabwe.
semestafakta-N’anga

36. Peningalan kota kuno, Kham, yaiu ibu kota kerajaan sinasti Butva dari Torv, berada di provinsi Matabeleland Utara. Kham menjadi berkembang setelah pertengahan abad ke-15, ketika orang Shona karena suatu alasan yang tidak diketahui (mungkin karena kehabisan sumber makanan dari alam) meninggalkan Zimbabwe Besar.di kota tersebut terdapat puing-puing istana kerajaan, yang berada di atas semua bangunan lainnya.

37. Makanan khas Zimbabwe adalah sangat eksotis dan beragam termasuk daging buaya dan ular, bubur maezena putih atau ayam dengan saus kelapa. Makanan yang terkenal adalah Sadze. Minumannya yang paling terkenal adalah bir maizena, “Vhalvha” dan “Chibuku”.


38. Pada tahun 2008, Zimbabwe mengalami inflasi terberat di dunia. Inflasi mencapai level 2,2 juta persen. Tingkat inflasi tahunan Zimbabwe mencapai 516 kuintilion persen (516 dan 18 angka nol di belakangya). Pada tahun tersebut semua harga, dari BBM sampai lem mengalami dobel harga pada rata-rata setiap 1,3 hari.  Setelah pemerintah membayar gaji, maka keuangan negara hanya tinggal 217 US dollar.
semestafakta-dollar zimbabwe


39. Pada tahun 2008 di Zimbabwe, tisu gulung toilet paling murah harganya 100 ribu dollar Zimbabwe. Rata-rata tisu gulung toilet di sana terdiri dari 72 potong kertas, dan 100 ribu dollar Zimbabwe dapat ditukar  dengan uang ketas Zimbabwe sebesar 5 dollar, maka akan mendapat 20.000 uang kertas. Sebaliknya, di Zimbabwe, menggunakan uang sebagai ganti kertas toilet adalah 278 kali lebih menguntungkan dibandingkan membeli kertas toilet.


40. Dollar Zimbabwe ditinggalkan pada tahun 2009 setelah mengalami hiper infasi.


41. Di Zimbabwe banyak terdapat binatu cucian untuk mencuci dollar. Mereka mencuci dollar Amerika, karena pada uang dollar dengan simbol yangmasih bagus dan bersih bernilai lebih dibandingkan uang dollar kotor.


42. Selama bulan purnama kita bisa melihat lengkungan bulan (moonbow) yang terkenal dengan nama pelangi Bulan di air terjun Victoria. Kesempatan ini bisa dilihat di malam hari dan bukan di siang hari seperti pelangi matahari.
semestafakta-moonbow

43. Jembatan Air Terjun Victoria adalah impian dan gagasan dari Cecil John Rhodes, tetapi dia meninggal sebelum jembatan tersebut selesai dibangun.
44. Dari jembatan air terjun Victoria kita bisa melakukan lompat Bungee, Rope Swinging, dan Zip-lining, dari ketinggian 390 kaki.
semestafakta-victoria fall bungee2

45. Pada tahun 1910, dua orang bernama Mrs. Moss dan Mr. Orchad, jasadnya ditemukan di jurang kedua air terjun Victoria. Mereka terhempas di atas air terjun sampannya terbali karena kuda nil di Pulau Long di atas air terjun.

46. Dilaporkan oleh penduduk lokal bahwa seorang turis telah bertemu dengan kuda Nil di salah satu jalan di kota air terjun Victoria. Lucunya, jaraknya 2 km dari sungai tersebut, suatu hal yang tidak biasa.

47. Beberapa pemasar (marketer) memasang lampu listrik di air terjun Victoria untuk pemandangan ‘malam’ dari air terjun. National Heritage Conservation Commission (NHCC) tidak menyetujuinya dan kemudian lampu tersebut dicopot.

48. Angkatan militer Zimbabwe terdiri dari Tentara Nasional Zimbabwe dan Angkatan udara Zimbabwe.

49. Pemerintah Zimbabwe memblokir dan melarang stasiun penyiaran seperti BBC, CNN, CBC, Sky News, Channel 4, American Broadcasting Company, the Australian Broadcasting Corporation, dan Fox News.


50. Robert Mugabe (dari partai ZANU PF) adalah presiden sekarang Zimbabwe (2015) dan Morgan Tsvangirai (dari partai MDC) adalah perdana menteri Zimbabwe sekarang. Mugabe menjadi presiden sejak Zimbabwe merdeka.
semestafakta-Robert Mugabesemestafakta-Morgan Tsvangirai

51. Amarula adalah buah lokal yang digunakan untuk membuat menuman beralkohol.

52. Hanya ada satu dokter di seluruh wilayah Vic Fall (berpenduduk 50.000 jiwa), dan tidak selalu siap di rumah sakit. Oleh karena itu, rmah sakit di sini tidak ada dokter, dan hanya para perawat.
53. Di Zimbabwe tidak ada kereta bayi (stroller) meski hampir setiap wanitanya memiliki bayi atau anak kecil. Sebagai gantinya, mereka menggunakan handuk atau potongan kain dan menggendong bayinya di belakang. Orang Zimbabwe juga tidak menggunakan diaper dan sebagai gantinya adalah menggunakan handuk atau kain yang dijepitkan.
54. Tidak ada petugas kebersihan di Zimbabwe. Sistem air bersih hampir tidak ada di perkotaan.
55. Hiu Banteng (dinamakan juga dengan hiu Zambezi) biasa hidup di air yang berenang sangat jauh sampai ke sungai Zambezi.
56. Harapan hidup orang Zimbabwe adalah 46 tahun bagi kaum lakilaki dan 45 tahun bagi peremuan, dan merupakan yang terendah di dunia. Hal ini disebabkan karena kemiskinan dan epidemis HIVAIDS.
57. Orang Zimbabwe menyebut setiap pasta gigi dengan Colgate, setiap obat penggosok lantai dengan Cobra, setiap sabun serbuk cuci dengan Surf dan setiap soft drink dengan Coke.
58. Tanah Pahlawan Nasional Zimbabwe, mempunyai bangunan api abadi yang mirip dengan dua senjata AK47 yang saling berhadapan.
semestafakta-The Zimbabwean National Heroes Acre
59. Orang Zimbabwe cenderung mengulangi atau meniru apa yang orang lain lakukan sebelumnya. Jika ada orang memulai menjual kue dan bisnis tersebut menguntungkan, maka orang akan meniru menjual kue tersebut.
60. Pohon Msasa, tempat menggantung 2 orang pahlawan Zimbabwe, yaitu (Mbuya Nehanda dan Sekuru Kaguvi), dengan tidak sengaja ditabrak oleh truk Konsili Kota Harare ketika sedang membalikkan muatan dan kemudian pohonnya roboh.
61. Di Zimbabwe ada larangan-larangan yang harus dihindari berkenaan dengan beberapa jenis makanan. Makanan tertentu tidak sembarang dimakan, tetapi harus melihat waktu atau musim. Misalnya, amaN-debele takut makan jagung dar tongkolnya di luar musimnya. Beberapa suku juga takut makanan binatang, tumbuhan atau jenis makanan yang menjadi nama familinya. Misalnya, jika keluarga seseorang bernama Nkomo (yang artinya sapi) maka dia tidak berani makan daging sapi. Anak-anak kecil takut makan telur. Ketika seorang wanita sedang datang bulan, dia tidak diperbolehkan makan susu karena dipercaya  bisa merugikan hewan sapi dan nanti bisa melahirkan anak sapi.
62. Zimbabwe adalah termasuk negara yang berbahaya, terutama di kota-kota besar sebagai sarang kejahatan. Tempat yang relatif aman hanya di air terjun Victoria dan taman nasional.
63. Konsili Eropa untuk Turisme dan Perdagangan memilih Zimbabwe sebagai pemenang Destinasi Turis Terbaik Dunia tahun 2014, dan sebagai pemenang destinasi Budaya Favorit tahun 2014.
semestafakta-NoViolet Bulawayo
64. NoViolet Bulawayo, dari Zimbabwe, adalah pemenang Los Angeles Times Book Prize Art Seidenbaum Award for First Fiction untuk novelnya yang berjudul “We need new names”.
65. Di Zimbabwe kita bisa jalan-jalan bareng bersama singa. Singa banyak terdapat di Taman Nasional Mana Pools, dan jika kamu berani (semoga tidak karena bodoh) kamu bisa berjalan bersama singa tanpa pengawalan.
66. Dari Pekan Busana Zimbabwe (Zimbabwe Fashion Week) tanggal 30 Agustus – 1 September sampai Festival Seni Internasional Harare (akhir April/awal Mei), Zimbabwe ini bukan hanya sebagai salah satu mudah dijangkau di Afrika, tetapi juga sebagai tempat pemandangan seni yang terkenal dan berkembang.
semestafakta-Harare International Festival of the Arts
semestafakta-Zimbabwe Fashion Week
67. Zimbabwe terkenal dengan kerajinan tangannya dan kamu bisa menemukan segalanya mulai dari ukiran soapstone sampai ukiran kayu yang menarik dan potongan bermanik-manik yang juga banyak dijual di kota-kota kecil. Barter (tukar tambah) juga diperbolehkan  dan harganya sangat bervariasi.
semestafakta-soapstone-elephant
68. Mulai tanggal 22 Desember 2015, Zimbabwe beraklih menggunakan mata uang Yuan (mata uang Cina). Alasan, menurut presiden Mugabe, selain demi menghapus utang terhadap Cina juga untuk meningkatkan perekonomian negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Negara Laos

Manfaat Air Jahe Untuk Kebaikan Tubuh

10 Gunung Tertinggi Di Dunia