10 Gunung Tertinggi Di Dunia

Gambar terkait

Gunung Tertinggi di dunia memiliki ketinggian yang akan membuat kita takjub, apalagi jika kita menjadi bagian dari orang orang yang suka mendaki gunung. Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. 


Setidaknya ada 109 gunung di Bumi dengan ketinggian lebih dari 7.200 meter (23.622 kaki) di atas permukaan laut. Sebagian besar pegunungan ini terletak di ujung benua India dan Tibet, dengan beberapa diantaranya berada di Asia Tengah. Lalu Gunung mana saja yang termasuk Gunung tertinggi di Dunia? Daripada penasaran, Langsung kita simak sama-sama penjelasannya.

10. GUNUNG ANNAPURNA (NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Gunung Annapurna mendapatkan namanya dari kata Sanskerta yang berarti “penuh makanan”. Ini adalah bagian dari jajaran Himalaya di Nepal dan merupakan gunung kesepuluh tertinggi di dunia. Ketiggiam Gunung Annapurna sekitar 26.545 kaki (8.091 meter). Pendakian pertama di gunung Annapurna terjadi pada tahun 1950.
 

9. GUNUNG NANGA PARBAT (PAKISTAN)

Gunung tertinggi di dunia
Nama gunung Nanga Parbat adalah sastra dalam bahasa Sanskerta. Biasanya namanya akan menjadi Naked Mountain. Yang dikenal sebagai Deo-mir, Nanga Parbat tingginya sekitar 8.126 m (26.660 kaki) dan terletak di wilayah Gilgit-Baltistan, Pakistan. Ini adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia. Pendakian pertama di gunung ini terjadi pada 3 Juli 1953 oleh Hermann Buhl.


8. GUNUNG MANASLU (NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Manaslu merupakan gunung tertinggi kedelapan di dunia. Namanya berasal dari kata Sansekerta ‘Manas’ yang berarti “Gunung” atau “jiwa”. Terletak di Himal Mansiri, bagian dari Himalaya Nepal, di bagian barat-tengah Nepal dengan ketinggian 8.163 m (26.781 kaki). Manaslu, pertama kali ditaiki pada tanggal 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang.

7. GUNUNG DHAULAGIRI (NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Pegunungan Dhaulagiri menyebar lebih dari 120 Km (70 mil) dari Sungai Kalingandaki di Gangga ke Bheri di Nepal. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketujuh di dunia dengan ketinggian 8.167 meter (26.795 kaki) di atas permukaan laut. Nama gunung itu (Dhaulagiri) dalam bahasa Nepal. Ini berasal dari bahasa Sanskerta dimana (Dhawala) berarti menyilaukan, putih, indah dan (giri) berarti gunung. Orang pertama yang naik keatas gunung ini terjadi pada tanggal 13 Mei 1960 oleh ekspedisi Swiss, Austria, dan Nepal.

6. GUNUNG CHO OYU (CHINA-NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Nama gunung ini Cho Oyu dalam bahasa Tibet berarti “dewi pirus”. Ketinggiannya sekitar 8.201 m (26.864 kaki), ini adalah salah satu puncak tertinggi Mahalangur Himalaya dan terletak 20 km barat Mt. Everest. Pendaki pertama untuk gunung ini terjadi pada tanggal 19 Oktober 1954 oleh Herbert Tichy, Joseph Jöchler, Pasang Dawa Lama. Gunung itu berdiri di perbatasan China-Nepal.

5. GUNUNG MAKALU (NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Makalu adalah gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian mencapai 8.485 meter (27.838 kaki) di atas permukaan laut. Terletak di Himalaya Mahalangur 19 km (12 mil) tenggara Gunung Everest, di perbatasan antara Nepal dan China. Bagian dari Mahalangur Himalaya, Makalu adalah puncak terisolasi dalam bentuk piramida empat sisi. Pendakian pertama di Makalu dibuat oleh tim Amerika yang dipimpin oleh William Siri pada musim semi tahun 1954.


4. GUNUNG LHOTSE (NEPAL, CHINA DAN TIBET)

Gunung tertinggi di dunia
Lhotse berasal dari kata Tibet yang berarti “puncak selatan”. Ini adalah gunung tertinggi keempat di Dunia dan terhubung ke Everest melalui Kolonel Selatan. Ketinggian Gunung Lhotse mencapai 8.516 meter (27.940 kaki) di atas permukaan laut, gunung ini terdiri dari puncak yang lebih kecil Lhotse Middle (Timur) pada 8.414 m (27.605 kaki)

Lhotse Shard pada 8.383 m (27.503 kaki) dan berada di perbatasan antara China, Tibet dan wilayah Khumbu Nepal. Puncaknya pertama kali di naiki pada 18 Mei 1956 oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss.

3. GUNUNG KANCHENJUNGA (NEPAL-INDIA)

Gunung tertinggi di dunia
Ini adalah gunung tertinggi ketiga di dunia, dan sebagian terletak di Nepal dan sebagian di Sikkim, India. dengan ketinggian 8.586 m (28.169 kaki). Di bagian Himalaya disebut Kanchenjunga Himal yang dibatasi di barat oleh Sungai Tamur. Ini disebut “Lima Harta Salju” setelah lima puncaknya yang tinggi, dan selalu disembah oleh orang-orang Darjeeling dan Sikkim. Sampai tahun 1852, ini dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia. Kangchenjunga pertama kali di daki pada tanggal 25 Mei 1955 oleh Joe Brown dan George Band, yang merupakan bagian dari ekspedisi Inggris. Selain itu, juga merupakan pusat kegiatan wisata karena memiliki cukup banyak literatur di sekitarnya.

2. GUNUNG K2 (PAKISTAN-CHINA)

Gunung tertinggi di dunia
K2, juga dikenal sebagai Gunung Godwin-Austen atau Chhogori adalah gunung tertinggi kedua di dunia, setelah Gunung Everest, berada pada ketinggian 8.611 meter (28.251 kaki) di atas permukaan laut. Gunung k2 Terletak di perbatasan antara Baltistan, di wilayah Gilgit-Baltistan di Pakistan, dan Taxkorgan Tajik Otonomi Daerah Xinjiang, Cina.

K2 adalah titik tertinggi dari Range Karakoram dan titik tertinggi di Pakistan dan Xinjiang. Hal ini juga dikenal sebagai “Gunung Savage” karena sulitnya pendakian. Pendaki pertama yang naik ke gunung ini terjadi pada 31 Juli 1954 oleh Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli.

1. GUNUNG EVEREST (NEPAL)

Gunung tertinggi di dunia
Akhirnya sekarang kita telah sampai di puncak gunung tertinggi dunia. Gunung Everest atau Sagarmatha seperti yang dikenal di Nepal adalah gunung tertinggi di Bumi. Dengan puncak di 8.848 meter (29.029 kaki) di atas permukaan laut. Terletak di perbatasan antara Zona Sagarmatha, Nepal. Tibet, Cina dan merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya dan pertama kali ditemukan pada tahun 1802. Pendakian pertama dilakukan dengan usaha yang keras di tahun 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzin Norge.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Negara Laos

Manfaat Air Jahe Untuk Kebaikan Tubuh